Sunday, May 27, 2007

Asyiknya berbelanja di dunia maya

Balanja dengan cepat dan aman tentu merupakan dambaan setiap orang, bagaimana caranya ?
Caranya adalah dengan berbelanja di dunia maya, berbelanja di dunia maya merupakan suatu hal yang sangat menarik dan akan memnerikan kesan yang menyenagkan, namun di balik itu ada sebagian orang yang takut untuk melakukan transacsi tersebut karena takut dengan para hecker.
Pembelanjaan di dunia maya salah saru contohnya adalah toko online yang menyediakann hampir semua kebutuhan bahan yang dapat di beli dan dipilih lewat web. Toko online mengambil barang-barang dari produsen dan menjual barang lewat internet, adapun barang barang yang tersedia misalnya computer, buku, majalah, pakaian, peralatan kantor, jam, music, video, elektronik, mainan, obat, alat kecantikan, makanan bahkan sampai dengan mobil.
Toko online ini memiliki keuntungan antara lain :
1. menyediakan informasi produk yang lengkap yang dapat digunakan oleh konsumen untuk mempertimbangkan keputusannya untuk membeli
2. menyediakan informasi tentang ketersediaan barang
3. mengurangi biaya ruangan toko bagi penjual menghemat biaya mencetak brosur dan katalog-katalog.
Namun beberapa hambatan juga ditemui yang harus diperhatikan karena hal – hal berikut ini dapat membuat konsumen untuk tidak memilih melakukan transaksi di dunia maya salah satu diantaranya adalah masalah keamanan yang meliputi keamanan akses, keamanan transmisi, dan juga jaminan keamanan pada saat melakukan pembayaran dengan memberikan data tentang kartu kredit tyang digunakan untuk membayar pembelian atau transaksi yang dilakukan. Sehingga perusahaan yang bersangkutan sebaiknya memikirkan tentang 3 hal yaitu tentang masalah keamanan, etika dan decision support system yang digunakan.
Setelah kita mengetahui bahwa perusahaan yang bersangkutan sangat menjamin keamanan tentang data para nasabahnya dari para hecker maka kita tidak perlu khawatir lagi dan kita dapat m,elakukan pembelanjaan lewat dunia maya dengan sangat nyaman dan mendapatkan apa yang kita butuhkan tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk keluar rumah dan mencari barang-barang yang kita butuhkan, kita tinggal membuka situs – situs tersebut dan langsung melakukan transaksi. Gampang kan ?... ternyata berbelanja di dunia maya itu lebih menarik ya …….

2 comments:

Unknown said...

Maya, bagaimana rasanya punya blog? Selamat ngeblog yaa... dan terus diisi selain itu kunjungi juga blog teman2mu dan berilah komentar.

Udah punya blog sekarang kamu mempromosikan Belanja di
Dunia Maya hee..he... Sekalian aja kalau punya usaha sampingan atau usaha suami bisa dipromosikan di blogmu ini. Karena itu, kembangkan terus blog. Mengenai keamanan, itu masalah klasik. Belanja bukan di dunia maya pun kalau bertransaksi dengan kartu kredit tetap harus waspada, misalnya 2x gesek, nomor kartu kredit dicatat, dsbnya. Intinya nomor kartu kredit harus dijaga. Sebagai tambahan informasi bertransaksi di dunia maya, kita harus perhatian apakah ada perusahaan yang menjamin keamanan dari web tempat kita berbelanja. Salah satu contohnya www.verisign.com memberi jaminan bertransaksi di internet (McLeod, p.49).

Blog Watcher said...

asyiknya belanja,, kl punya uang,,

kl g punya gmn??!!!

redaksi >> http://asyiknyaduniakita.blogspot.com/